Customer adalah RAJA...
Gw ga ngerti deh... sejauh mana sih masyarakat memaknai kata "Customer adalah Raja"?
Tadi di kantor pas gw lagi telp-telp an ama pacar baru gw, tiba-tiba ada paging-an yang menyebutkan kode panggil gw, "Selamat malam, berita panggilan ditujukan kepada A kosong dua, ditunggu segera di area kasir!!!" dalam hati sih kesel banget, soalnya gw lagi enak2 ngobrol ama pacar gw trus kok gw pake segala dipanggil... ya udah, gw langsung memutus komunikasi gw sementara...
Pas gw jalan ke atas, gw ngeliat karyawan gw dah nangis senangis nangisnya, gw bilang... "ada apa?", sambil nangis dia ngejelasin sama gw, ada customer marah-marah pak... dia sampe mukul2 meja...
Gw langsung nemuin tuh customer, dengan maksud untuk nanyain perihal yang terjadi sebenernya...
nah, pas dah di depan tuh customer, gw dengan senyum manis nanya, "ada apa ibu... apa yg bisa saya bantu....???"
Si ibu ngejelasin semuanya sambil marah2 dan bener kata karyawan gw, dia mukul2 meja ga keruan saking semangatnya cerita tentang kejadian yang dianggap mengecewakan dia...
Ternyata, hanya karena barang dengan harga 23ribu perak lantaran dia ga tau kalo harganya segitu dia kecewa dan dia berniat untuk membatalkan pembelian ternyata prosedur pembatalannya agak sulit karena dia pake credit card, karyawan gw dah coba ngejelasin... alih-alih ga suka dengan penjelasan karyawan gw lantaran terkesan nantang *menurut dia* nah dia marah-marah.... (hahaha... dia teriak-teriak... "bukan karena harganya yang saya permasalahkan, tapi karena penjelasaan karyawan bapak yang terkesan menantang, diajarin dong karyawannya.......") gw sih senyum-senyum aja sampe dia puas...
Gw cuma bilang, "Mohon maaf atas ketidak sopanan karyawan saya, saya paham dengan kondisi ibu, saya juga mengerti bukan karena uang nya ibu menjadi marah seperti ini, sekali lagi saya minta maaf, saya berusaha untuk memperbaiki kekecewaan ibu, tolong beritahu bagaimana saya memperbaiki kekecewaan tersebut, apakah ibu mau menerima hadiah dari saya...?"
Dia teriak-teriak lagi... "Saya dah cape-cape pulang kerja, saya malah ketemu karyawan bapak, baru jadi kasir aja sombong amat sih... berapa sih gajinya....!!!" *jreng...jreng...jreng....* dalam hati gw, ya ampun bu.... ampe segitunya sih....
Ini udah yg ketiga kali nya gw ketemu tipical orang yg kaya gitu.... Yang gw bingung tuh, didikan seperti apa sih yang mereka dapet dari orang tuanya sampe ga punya rasa malu dan terlalu menuntut untuk mendapatkan perlakuan VIP dimanapun mereka berada....
Gw seketika berfikir, apa dimata mereka semua orang ga ada harganya kali ya? semua orang dianggap kecil bagi mereka....
Gw cuma bisa berdo'a semoga aja dijajaran keluarga gw ga ada satupun yang punya sikap seperti mereka... Semoga keluarga gw selalu menjunjung tinggi harkat dan martabat sesama manusia dengan posisi apapun dia... walaupun hanya seorang kasir ataupun orang yang ga berpekerjaan sekalipun...
Karena kita ga tau, setelah kita mati nanti, bagaimana caranya kita meminta maaf terhadap orang yang pernah kita sakiti hatinya...
halah mellow banget yah... tapi serius... kayanya kita harus belajar bagaimana memaknai kata "Custumer adalah RAJA" dengan tetap memperlakukan manusia sebagai manusia, tanpa harus membanggakan kebesaran yang kita punya...
Tags:
Office

